Manfaatkan 4 Aktivitas Harian Ini Untuk Menumbuhkan Anak Hebat

Dummy

Ingin anak Anda tumbuh dan berkembang menjadi anak yang hebat? Anda mesti ingat dulu, anak hebat tidak diciptakan melainkan dibentuk, ya! Anda bisa membentuknya menjadi jiwa yang berkarakter hebat setiap saat. Namun, bagaimana jika Anda terlalu sibuk untuk menjaga dan merawat si kecil?

Tenang, tak perlu langkah yang sulit. Anda bisa membuat anak Anda tumbuh dan berkembang dengan memanfaatkan kegiatan harian. Seperti empat rutinitas harian di bawah ini. Anda bisa mengajaknya bermain sekaligus belajar namun tetap mengurusi semua aktivitas Anda yang padat.

  1. Berbelanja di Supermarket

Sembari berbelanja, terlebih di supermarket yang barang-barangnya lengkap, Anda bisa mengajari anak Anda berbagai macam hal tanpa dia sadari. Semisal saat Anda mendorongnya di troli, Anda bisa mengajaknya bermain mencari sayuran. Anda bisa tanyakan pada mereka mana sayuran yang berwarna hijau dan mereka akan mencarinya dengan semangat.

Untuk menambah pengetahuan si kecil, Anda bisa memberitahu nama sayur-sayuran yang mereka tunjuk seperti bayam, kangkung, sawi dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan benda lain saat Anda memainkan permainan ini.

  1. Membereskan Rumah

Kegiatan membereskan rumah adalah kegiatan yang tiada hentinya. Anda pasti paham masalah yang satu ini, kan? Nah, sembari memberesi rumah, Anda juga bisa mengajak buah hati Anda untuk bermain sekaligus belajar. Anda bisa memasukkan unsur kompetisi dalam hal yang satu ini.

Semisal permainan siapa yang lebih dulu selesai menyapu, apakah si kecil yang menyapu kamar atau Anda yang menyapu ruang TV. Kegiatan ini tak sekedar membuat pekerjaan rumah Anda menjadi ringan karena ada yang membantu, tapi Anda juga bisa mengajarkan anak-anak untuk menjaga kebersihan.

  1. Membersihkan Halaman

Membersihkan halaman juga menjadi kegiatan yang tiada henti layaknya membereskan rumah. Anda harus menyapunya dari daun-daun kering atau sampah yang berserakan. Nah, Anda bisa melibatkan si kecil dalam hal ini, ya! Anda bisa memintanya memungut daun sembari belajar berhitung.

Caranya, biarkan mereka memungut daun-daun dan Anda coba menghitungnya dengan suara yang lantang. Selain halaman jadi bersih, cara ini juga bisa menjadi awal seru untuk si kecil dalam belajar berhitung.

  1. Memasak

Siapa bilang hanya orang dewasa terkhusus ibu yang bisa memasak? Anak kecil juga bisa, lho! Anda bisa mengajari anak Anda memasak sejak dini. Sambil memasak, Anda bisa membiarkan anak Anda membantu memotong sayuran atau bahan lainnya. Ini berguna untuk membantu perkembangan motorik halusnya.

Cara lain, Anda bisa memintanya memindahkan berbagai macam bahan masakan ke mangkuk lain dengan tangan. Ini juga berguna untuk mengasah motorik halusnya. Anda juga bisa mengajarkan mereka warna dari semua peralatan dan bahan yang Anda gunakan. Bisa juga belajar mengenal bentuk. Misal mangkuk itu bentuknya bulat dan lainnya.

Anda juga mengajarkan sains kepada anak Anda ketika memasak bersama. Misal memberitahu apa saja manfaat sayur dan buah bagi tubuh, alasan kenapa Anda sekeluarga harus makan sayur atau bagaimana memasak makanan yang benar agar gizinya tak hilang. Ini juga bisa jadi awal yang baik untuk mereka belajar sains.

Tetap menjaga tumbuh kembang anak adalah hal yang harus dilakukan meskipun aktivitas Anda padat. Setelah puas berbelanja, memasak atau lainnya, mereka pasti berkeringat dan bau. Anda bisa mempercayakan kesegaran mereka pada perawatan tubuh anak DOREMI Thomas & Friends. Lewat program #GreatAdventureAwaits, Anda bisa menjadikan si kecil anak yang hebat!