Paparkan Manfaat 3 Kartu Baru Jokowi Di Depan Ribuan Warga Di Kalbar

Pada tahun 2019 ini, akan diselenggarakan pemilu serentak. Salah satunya pemilihan yang akan dilaksanakan di tahun 2019, adalah pemilihan calon presiden dan wakil presiden. Dalam hal ini, tentunya masing-masing kandidat akan beradu visi dan misi yang akan dilaksanakan jika kandidat tersebut terpilih, sehingga para kandidat harus bekerja keras untuk menyampaikan visi-misi untuk meyakinkan masyarakat. Pada nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’aruf Amin, dan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno akan beradu gagasan. Untuk pasangan nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’aruf Amin, telah mengandalkan 3 kartu baru Jokowi yang menjadi andalannya dalam Pilpres 2019 kali ini. Dalam hal ini, ada sejumlah program tersebut yang berupa kartu baru yang disebutkan Jokowi merupakan Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah), dan kartu Pra-Kerja.

Hal ini juga disampaikan Jokowi dalam kampanye terbukanya di Kalimantan Barat, dengan memaparkan dengan jelas tentang manfaat 3 kartu andalannya di depan ribuan pendukungnya. Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan petahana dan Calon presiden nomor urut 01 ini menyapa ribuan massa pendukungnya di Lapangan Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (27/3/2019).

Jokowi menjelaskan bahwa selama 4,5 tahun menjabat sebagai presiden, pemerintah telah mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat. Untuk kelanjutan program pendidikan, pada tahun depan, jika terpilih lagi sebagai presiden bersama wakilnya KH. Ma’ruf Amin, akan mengeluarkan program terbarunya yakni KIP-Kuliah.

Jokowi dengan mengenakan atasan putih serta bawahan celana jeans warna biru tua, lalu mengeluarkan beberapa kartu dari saku belakang celana untuk ditunjukkan kepada para pendukungnya.

“Ke depan akan keluar kartu kuliah. Ini dipakai setelah lulus SMA dan SMK untuk melanjutkan ke akademi, perguruan tinggi. Ini bisa dipakai di perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri,” katanya sembari menunjukkan KIP-Kuliah.

Selanjutnya, Jokowi menunjukkan kartu keduanya, yakni Kartu Pra-Kerja. Dimana kartu tersebut bisa digunakan untuk para lulusan SMA atau sederajat, dan lulusan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan. Selain itu, pemegang kartu ini akan mendapatkan berbagai program pelatihan kerja supaya memiliki keterampilan kerja sehingga bisa memudahkan mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Dimana mereka akan diberikan kesempatan untuk melakukan training kerja di sejumlah BUMN maupun perusahaan swasta. “Keluar training bisa mendapatkan pekerjaan. Tapi kalau belum dapat kerjaan nanti akan dapat insentif dan honor,” ujar Jokowi.

Yang terakhir, beliau juga mengeluarkan kartu ketiganya yang dinamai dengan Kartu Sembako Murah. “Ini yang senang ibu-ibu. Ini diberikan agar bisa berbelanja dengan diskon yang banyak, baik beli beras, gula,  minyak. Ibu-ibu setuju dengan ini, yang setuju tunjuk jari?,” kata Jokowi. Namun, Jokowi memastikan bahwa ketiga kartu yang merupakan program andalan beliau bersama KH Ma’ruf Amin, belum bisa direalisasikan dalam tahun ini.

“Jadi 3 kartu ini baru keluar tahun depan karena akan kita anggarkan dulu tahun ini. Jadi nanti setelah 17 April, jangan minta ke saya. Sebelumnya saya ngomong apa adanya,” tambah Jokowi.

Memang Jokowi ini sangat terkenal sebagai presiden yang sangat sederhana, merakyat, dan pro rakyat. Sehingga tidak aneh kalau program-program Jokowi selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Demikianlah informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.